Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Selasa, 04 Maret 2014

Contoh skrip wawancara konseling individu



SKRIP WAWANCARA KONSELING

IDENTITAS KLIEN
a.       Nama                 : Aryani
b.      Umur                 : 21 tahun
c.       Jenis kelamin     : Perempuan
d.      Status                 : Mahasiswa

DESKRIPSI MASALAH
Aryani adalah seorang mahasiswa. Masalah yang dihadapi berhubungan dengan orang tua dan pacarnya. Bahwa kedua orang tuanya tidak menyetujui hubungan dengan pacarnya karena mereka berbeda agama. Mereka berpacaran sejak masih SMA dan selama ini mereka pacaran secara diam-diam agar orang tuanya tidak mengetahuinya. Tetapi selama bertahun-tahun mereka pacaran, mereka tidak kunjung-kunjung mendapatkan solusi atas permasalahannya tersebut.
Berdasarkan hasil wawancara dengan klien, konselor dapat menganalisis permasalahan yang dialami klien, yaitu klien mengalami permasalahan dengan orang tua dan pacarnya. Permasalahannya adalah orang tuanya tidak menyetujui hubungan klien dengan pacarnya karena mereka berbeda agama.  Sikap orang tuanya tersebut membuat klien menjadi resah dan tekanan batin. Karena klien tidak kunjung mendapat solusi atas permasahannya.



DIALOG/WAWANCARA KONSELING

TAHAP AWAL
Tokoh
Dialog
Keterampilan
Klien  
(mengetuk  pintu)
Assalamu’alaikum wr. wb, permisi Bu
Opening

Konselor
Wa’alaikumsalam wr. wb (sambil berdiri)
Mari silahkan masuk (menghampiri klien sambil menjabat tangan), silahkan duduk.
Ibu senang sekali berjumpa denganmu. (Tersenyum)
Opening

Klien 
Iya, Terima kasih Bu. (Diam menyimpan  perasaan tertentu, melihat ke bawah, tidak menatap konselor)

Konselor
Bagaimana kabar kamu hari ini ?
Opening
Klien 
Kabar saya baik, Bu. (Diam dan melihat kebawah)

Konselor
Kelihatannya wajahmu sangat murung? Tampaknya ada sesuatu yang mengganggu perasaanmu, sehingga mb Aryani datang menemui ibu?
Reflection of feeling
Klien 
Iya, Bu. Saya ingin berkonsultasi dengan ibu

Konselor
Ya Silahkan, apa yang ingin anda sampaikan sehingga nanti bisa kita bicarakan bersama?

Klien 
Tapi sebelumnya saya minta agar ibu dapat merahasiakan hal ini dari orang lain, jangan sampai ada yang tahu ya bu

Konselor
Kamu tidak perlu khawatir, disini ibu akan menjaga rahasia kamu sebab dalam melakukan konseling itu saya diikat kode etik.
Jadi jangan ragu untuk mengungkapkan masalah yang kamu alami tanpa perlu merasa takut untuk diketahui orang lain
Structuring Role Limit
Konselor
Ya syukurlah kalau begitu bu,, saya berharap agar masalah yang saya alami dapat teratasi dan menemukan jalan keluar yang terbaik

Klien 
Iya (sambil menganggukkan kepala) mudah-mudahan bisa cepat teratasi.

Konselor
Kalau begitu, dapatkah kamu menceritakan kepada saya?
Ibu ingin mendengarkan sejauh mana perasaan tidak enak yang mengganggu mb Aryani.
Lead (Pertanyaan terbuka)

TAHAP INTI/KERJA
Tokoh
Dialog
Keterampilan
Klien  
Begini bu, saya terjebak dalam situasi yang sangat membingungkan (muka sedih dan melihat kebawah)

Konselor
Mengapa bisa begitu?

Klien  
Em, bagaimana ya bu?

Konselor
Bisahkah anda menceritakannya lebih jelas

Klien   
Iya bu. Begini bu, saya itu punya pacar, kami sudah pacaran dari kelas I SMA. Saya sangat sayang sama dia, tapi saya bingung

Konselor
Lalu, apa yang membuatmu menjadi bingung?
Clarification
Klien  
Em, orang tua tidak setuju bu

Konselor
Bisahkah anda menceritakannya lebih jelas lagi, mengapa orang tua anda tidak menyetujui hubungan kalian?
Lead (Pertanyaan tertutup)
Klien  
Sebenarnya, pacar saya tidak seagama dengan saya. Tapi dia seorang lelaki yang baik dan bertanggung jawab. Maka dari itu orang tua tidak menyetujui hubungan kami. Saya harus memilih satu diantara orang tua atau pacar saya bu

Konselor
Berada di posisi anda saat ini pasti cukup sulit.
Saya dapat memahami apa yang anda rasakan saat ini.
Bisakah anda menjelaskan pacarmu lelaki yang baik dan bertanggung jawab seperti apa yang kamu maksud?
Acceptance
Lead (Pertanyaan terbuka)
Klien  
Em, iya baik terus dia tanggung jawab sama omongan dan  janjinya

Konselor
Jadi menurut anda, dengan begitu dia sesosok laki-laki yang sempurna?
Clarification
Klien  
Iya, bisa dibilang begitu bu. Tapi.... (Diam, tidak melanjutkan perkataanya dan melihat ke bawah)

Konselor
Tapi bagaimana? bisahkah anda menceritakannya lebih jelas lagi

Klien  
Tapi sama aja orang tua tidak setuju bu, saya pikir dengan cara backstreet bisa menyelesaikan masalah. Padahal saya sangat berharap bisa menikah dengannya bu. Jadi selama 4 tahun ini saya backstreet apa gunanya?

Konselor
Sepertinya anda merasa kecewa.
Mengapa anda memilih jalan backstreet untuk menyelesaikan masalah?
Refflection of feeling
Lead (Pertanyaan terbuka)
Klien  
Iya tentu bu, saya sangat kecewa bu.
Sebenarnya saya berharap dengan backstreet lambat laun pacar saya mau pindah agama, tetapi kenyataannya berbeda bu. Kami tetap berpegang teguh pada keyakinan kami masing-masing.

Konselor
Itu berarti bahwa anda kesulitan dalam memilih antara orang tua atau pacar kamu
Clarification
Klien  
Iya bu


TAHAP AKHIR
Tokoh
Dialog
Keterampilan
Konselor
Bagus, mb aryani sudah bisa memahami masalah yang sedang di alami
Prediction Reassurance
Klien  
Mungkin situasi ini tidak dapat saya ubah, dan saya juga tidak mungkin menentang orang tua saya karena beliaulah yang merawat saya dari kecil sampai sekarang. Saya juga tidak mungkin pacaran seperti ini terus menerus bu, tapi di sisi lain saya sangat sayang sama pacar saya. Tetapi saya harus menetukan pilihan, karna saya sudah dewasa

Konselor
Bagus, saya yakin anda bisa menentukan pilihan
Prediction Reassurance
Klien  
Iya bu, saya paham

Konselor
Kita sudah berbicara banyak, apa yang bisa anda simpulkan dari pertemuan kali ini?
Summary
Klien  
Jadi, saya harus menentukan pilihan saya bu, saya tidak boleh salah pilih. Karena semua ini untuk masa depan saya bu. Untuk itu saya lebih memilih orang tua, saya harus berbakti kepada orang tua meski saya harus kecewa bu.

Konselor
Rupanya kamu sudah paham dengan apa yang akan kamu lakukan. Anda pasti bisa, itu pilihan yang bagus sekali dan anda pasti bisa melakukannya.

Prediction Reassurance
Klien  
Alhamdulillah saya merasa lega bu, kebingungan saya mulai berkurang

Konselor
Jangan sungkan jika kamu ada yang ingin kita bicarakan bersama, datang saja menemui ibu lagi

Klien  
Baiklah kalau begitu, saya pamit. Terima kasih bu
Assalammualaikum wr. wb

Konselor
Waalaikumsalam wr. Wb (sambil menjabat tangan)


6 komentar:

  1. mba saya ijin copy paste konsepnya ya. terima kasih

    BalasHapus
  2. Mbak, saya juga izin memakai konsepnya ya. Pada bagian-bagian tertentu saja. Ini benar-benar memberikan contoh kepada saya. Terimakasih mbak.

    BalasHapus
  3. Mba mohon izin untuk memakai konsep mba ini ya terima kasih mbak 🙏🏻

    BalasHapus
  4. Mohon izin mba untuk memakai konsep mba ini,terima kasih mba.

    BalasHapus