BISNIS PLAN
“RASYA
LAUNDRY”
JASA
Yogyakarta,
11 Desember 2013
Oleh :
Raisa Aryasheba
(10144200129)
Kelas
: 7A1
Alamat : Gonjen RT 02
Tamantiro Kasihan Bantul Yogyakarta
Nomor Telp. : +62856292xxxx
Email : isa_snowgirl@yahoo.com
DAFTAR ISI
Halaman Depan
Daftar
Isi ......................................................................................................... 1
1.
Rangkuman Eksekutif............................................................................... 2
2.
Penjelasan Tentang
Perusahaan
a.
Latar Belakang Usaha ........................................................................ 2
b.
Struktur Organisasi ............................................................................. 3
c.
Strategi Usaha .................................................................................... 3
3.
Pemasaran ................................................................................................. 3
4.
Barang Dan Jasa Yang
Dihasilkan ........................................................... 4
5.
Usaha Meningkatkan
Penjualan ............................................................... 6
6.
Permodalan
a.
Arus Kas ............................................................................................. 7
b.
Laba Rugi ........................................................................................... 8
c. Neraca
Pendahuluan ........................................................................... 9
1.
Rangkuman Eksekutif
Dewasa
ini, kepraktisan adalah sesuatu yang dicari. Semua orang ingin semuanya serba
praktis. Walaupun sering sekali kita harus mengeluarkan uang yang cukup besar
untuk kesibukan yang sangat padat, dan tidak adanya waktu membuat semua itu
menjadi mungkin. Kesibukan di kantor, ataupun di kampus membuat seseorang tak
memiliki waktu cukup luang, bahkan untuk mencuci pakaiannya sendiri. Hal inilah
yang menginspirasi berdirinya bisnis laundry.
Bisnis laundry sangat potensial terutama
di daerah dimana dekat kos-kosan, dekat perumahan dan banyak pasangan suami
istri yang sibuk bekerja. Di daerah Kasihan, yang dekat dengan salah satu
perguruan tinggi swasta besar, sangat berpotensi untuk usaha laundry. Selain
rata-rata mahasiswanya berasal dari keluarga yang berkecukupan, kesibukan
mahasiswa di kampus membuat mahasiswa tidak punya waktu untuk mencuci pakainnya
sendiri. Di daerah Kasihan juga banyak terdapat karyawan-karyawan dan pasangan
suami-istri yang sibuk bekerja. Bisnis laundry pun sangat memungkinkan
pengusaha mendapat untung yang besar karena dapat dipastikan setiap hari
pakaian kotor akan selalu ada.
2. Penjelasan Tentang Perusahaan
a.
Latar Belakang Usaha
Latar
belakang pemilihan usaha laundry adalah adanya kecenderungan gaya hidup praktis
dan menyerahkan urusan cucian ke jasa laundry. Selain karena perubahan gaya
hidup juga karena tuntutan kesibukan yang memakan waktu dan tenaga, karyawan
dan mahasiswa bahkan ibu rumah tangga yang merasa tidak memiliki waktu untuk
mencuci pakaian, dan energi mereka sudah digunakan untuk aktifitas mereka yang
padat, sehingga lebih memilih menyerahkan pada jasa laundry, kondisi cuaca yang
berubah saat ini, lebih sering hujan mengakibatkan pakaian cepat kotor,
menjemur pakaian menjadi lama di proses pengeringannya dan trend menggunakan
jasa laundry juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat
b.
Struktur Organisasi
c.
Strategi Usaha
Strategi usaha
yang digunakan dalam usaha Rasya laundry adalah sebagai berikut :
a. Menjalin kerjasama dengan karyawan
b. Menjalin kerjasama dengan pembeli atau
pelanggan
3. Pemasaran
Target
pasar dari laundry ini dilihat dari adanya pergeseran gaya hidup serta tuntutan
kebutuhan ekonomi menyebabkan sebagian besar masyarakat Yogyakarta menjadi
keluarga yang sangat sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Hampir semua
anggota keluarga, baik suami maupun istri dituntut memiliki mobilitas tinggi
dan menghabiskan sebahagian besar waktunya pada aktivitas di luar rumah. Hal itulah yang menyebabkan beberapa urusan
di dalam rumah kurang menjadi perhatian karena setelah lelah seharian bekerja.
Pekerjaan mencuci dan menyetrika baju kerap kali menjadi urusan yang
merepotkan, sehingga butuh bantuan orang lain, sebab mau tidak mau penampilan
yang bersih dan trendy diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan.
Segmen
pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang
sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pasar, maka akan lebih mudah untuk
memuaskan keinginan target. Secara umum, segmen pasar dari laundry ini secara
geografis, yaitu masyarakat Yogyakarta yang berdomisili di Gonjen Tamantito
Kasihan Bantul dan sekitarnya. Sedangkan berdasarkan demografis, yaitu para
pelajar, mahasiswa, dan karyawan, baik pria maupun wanita.
4. Barang Dan Jasa Yang Dihasilkan
Rasya Laundry ini tidak hanya
menyediakan fasilitas cuci setrika pakaian saja, tetapi juga menyediakan
fasilitas cuci dan setrika non pakaian (tidak dihitung berdasarkan hitungan
kilogram)
a. Jasa
yang dihasilkan
1) Jasa
cuci dan pengeringan
Menyediakan layanan
jasa mencuci dan mengeringkan pakaian. Dengan metode-metode pencucian yang
baik, seperti :
a) Sebelum
mencuci memilih pakaian berdasarkan tingkat kekotorannya dan pemisahan baju
antara baju putih dan berwarna
b) Tidak
merendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama di dalam
larutan deterjen agar tidak rusak
c) Menggunakan
sabun bermutu baik, dengan deterjen yang dapat membunuh kuman dan
kotoran-kotoran yang menempel di pakaian
2) Jasa
cuci, pengeringan, dan setrika
Menyediakan layanan
jasa mencuci,mengeringkan, dan menyetrika pakaian. Untuk jasa setrika, Rasya
laundry akan memberikan pelayanan yang terbaik, seperti :
a) Menggunakan
cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum
baunya
b) Menyetrika
baju sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang
biasanya ada di bagian leher atau pinggang.
3) Layanan
antar jemput
Rasya laundry juga
menyediakan jasa layanan antar jemput, sehingga dapat memudahkan konsumen.
Dikenakan biaya antar jemput Rp. 1.000
4) Fasilitas
kupon
Rasya laundry
menyediakan jasa fasilitas kupon bonus untuk konsumen. Bonus diberikan kepada
pelanggan yang sudah memiliki 10 kupon cuci.
b. Keunggulan
Beberapa keunggulan
yang dimiliki oleh Rasya laundry adalah :
1) Tempat
yang nyaman dan strategis
2) Pelayanan
yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas)
3) Harga
terjangkau
4) Tersedia
area basah dan kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, pengeringan
dan setrika.
Nilai tambah yang bisa
diberikan bagi pelanggan, berupa :
1)
Menggunakan sabun
bermutu baik
2)
Pewangi pakaian tahan
lama
3)
Cucian bersih, pemisahan
baju putih dan berwarna
4)
Cucian tidak dicampur
dengan orang lain
5)
Kontrol terhadap
kepemilikan baju yang baik, sehingga tidak ada baju yang hilang
6)
Perawatan warna baju
yang baik
7)
Discount untuk
pelanggan, discount untuk 10 kali cuci
8)
Layanan antar jemput
5. Usaha Meningkatkan Penjualan
Perusahaan akan melakukan strategi
promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang
disampaikan bersifat lisan. Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi
adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan meyakini
walaupun strategi ini sangat sederhana, namun efektifitas penyampaian pesannya
juga cukup signifikan. Strategi lain adalah melalui media promosi, seperti :
a. Selebaran
atau brosur
b. Media
banner (spanduk)
c. Poster
d. Koran
lokal yang sesuai dengan segmen pasar
e. Media
radio
6. Permodalan
a. Arus
Kas
LAPORAN ARUS KAS
|
||||
RASYA LAUNDRY
|
||||
TAHUN 2013
|
||||
Bulan ke-
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
|
A.
PENERIMAAN
|
||||
Penerimaan penjualan
|
0
|
2.244.000
|
2.805.000
|
3.506.000
|
Penerimaan Pinjaman
|
20.000.000
|
0
|
0
|
0
|
Sub Total Penerimaan
|
20.000.000
|
2.244.000
|
2.805.000
|
3.506.000
|
B.
PENGELUARAN
|
||||
Sewa Bangunan
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
Pembelian Bahan Baku
|
369.000
|
423.000
|
477.000
|
531.000
|
Peralatan
|
14.450.000
|
0
|
0
|
0
|
Gaji Pegawai
|
0
|
2.100.000
|
2.100.000
|
2.100.000
|
Beban Iklan
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
500.000
|
Listrik, air, telepon
|
0
|
600.000
|
600.000
|
600.000
|
Beban Perlengkapan
|
775.000
|
0
|
0
|
0
|
Transportasi
|
150.000
|
150.000
|
150.000
|
150.000
|
Beban Bunga
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Beban Pajak
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Pengeluaran Lain-lain
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Sub Total Pengeluaran
|
16.744.000
|
4.273.000
|
4.327.000
|
4.381.000
|
C.
SELISIH KAS
|
3.256.000
|
2.029.000
|
1.522.000
|
875.000
|
D.
SALDO KAS AWAL
|
16.744.000
|
0
|
2.029.000
|
3.551.000
|
E.
SALDO KAS AKHIR
|
0
|
2.029.000
|
3.551.000
|
b. Laba
Rugi
LAPORAN LABA RUGI
RASYA LAUNDRY
TAHUN 2013
A. HASIL PENJUALAN
|
|
Penjualan
|
95.519.000
|
Sub Total Hasil Penjualan
|
|
B. biaya produksi
|
|
Bahan Baku
|
303.000
|
Pembungkus
|
66.000
|
Transport
|
150.000
|
Sub Total Biaya Produksi
|
519.000
|
C. biaya tetap
|
|
Gaji Pegawai
|
2.100.000
|
Peralatan
|
14.450.000
|
Perlengkapan
|
775.000
|
Sewa Tempat
|
500.000
|
Sub Total Biaya Tetap
|
17.825.000
|
D. biaya administrasi
|
|
Biaya
Promosi
|
500.000
|
Listrik,
Air, Telepon
|
600.000
|
Sub Total Biaya Administrasi
|
1.100.000
|
E. Total biaya
|
19.444.000
|
f. laba sebelum pajak
|
76.075.000
|
g. pajak
|
0
|
h. laba bersih
|
76.075.000
|
c. Neraca
Pendahuluan
LAPORAN NERACA
RASYA LAUNDRY
TAHUN 2013
AKTIVA
|
PASIVA
|
||
A. Aktiva Lancar
|
A.
Utang Lancar
|
||
Kas
|
16.744.000
|
Utang
Usaha
|
20.000.000
|
Perlengkapan
|
775.000
|
||
B. Modal
|
|||
B.
Aktiva Tetap
|
Modal
|
13.859.000
|
|
Peralatan
|
14.450.000
|
||
Penyusutan
|
1.890.000
|
||
Total Aktiva
|
33.859.000
|
Total Pasiva
|
33.859.000
|
saya minta ijin copas yaaa,,,, mbak. :-) buat tugas kuliah :-D
BalasHapusijin copas juga ya mbak :-D
BalasHapusBlog-nya sangat membantu.. Terimakasih :)
BalasHapusMaaf cara perhitungan arus kasnya gmana ya,kan itu bulan pertama pengeluarannya lebih besar dari pendapatan jasanya kok bisa masuk saldo akhir
BalasHapusizin copas yah kak. buat tugas kuliah. terimakasih:)
BalasHapusIjin Kopas Kakak.. :D
BalasHapusijin copy paste
BalasHapusSalam sukses dari kami
BalasHapusuntuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos Pengering
izin copas ya mbae...
BalasHapusizin copas ya mbae...
BalasHapusijin copas ya Mba
BalasHapusIzin copas mba
BalasHapusminta ijin copas ya mbak, makasih
BalasHapusmantap banyak yg copas. Kapan Indonesia punya penerus yang kreatif dan inovatif??
BalasHapusijin copas ya kak
BalasHapus