Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Selasa, 04 Maret 2014

BISNIS PLAN kewirausahaan LAUNDRY


BISNIS PLAN
“RASYA LAUNDRY”
JASA




Yogyakarta, 11 Desember 2013

Oleh :
Raisa Aryasheba (10144200129)
Kelas : 7A1


Alamat : Gonjen RT 02 Tamantiro Kasihan Bantul Yogyakarta
Nomor Telp. : +62856292xxxx
Email   : isa_snowgirl@yahoo.com

 

DAFTAR ISI


Halaman Depan
Daftar Isi ......................................................................................................... 1
1.      Rangkuman Eksekutif............................................................................... 2
2.      Penjelasan Tentang Perusahaan
a.       Latar Belakang Usaha ........................................................................ 2
b.      Struktur Organisasi ............................................................................. 3
c.      Strategi Usaha .................................................................................... 3
3.      Pemasaran ................................................................................................. 3
4.      Barang Dan Jasa Yang Dihasilkan ........................................................... 4
5.      Usaha Meningkatkan Penjualan ............................................................... 6
6.      Permodalan
a.      Arus Kas ............................................................................................. 7
b.      Laba Rugi ........................................................................................... 8
c.      Neraca Pendahuluan ........................................................................... 9


 1.       Rangkuman Eksekutif
Dewasa ini, kepraktisan adalah sesuatu yang dicari. Semua orang ingin semuanya serba praktis. Walaupun sering sekali kita harus mengeluarkan uang yang cukup besar untuk kesibukan yang sangat padat, dan tidak adanya waktu membuat semua itu menjadi mungkin. Kesibukan di kantor, ataupun di kampus membuat seseorang tak memiliki waktu cukup luang, bahkan untuk mencuci pakaiannya sendiri. Hal inilah yang menginspirasi berdirinya bisnis laundry.
Bisnis laundry sangat potensial terutama di daerah dimana dekat kos-kosan, dekat perumahan dan banyak pasangan suami istri yang sibuk bekerja. Di daerah Kasihan, yang dekat dengan salah satu perguruan tinggi swasta besar, sangat berpotensi untuk usaha laundry. Selain rata-rata mahasiswanya berasal dari keluarga yang berkecukupan, kesibukan mahasiswa di kampus membuat mahasiswa tidak punya waktu untuk mencuci pakainnya sendiri. Di daerah Kasihan juga banyak terdapat karyawan-karyawan dan pasangan suami-istri yang sibuk bekerja. Bisnis laundry pun sangat memungkinkan pengusaha mendapat untung yang besar karena dapat dipastikan setiap hari pakaian kotor akan selalu ada.

2.       Penjelasan Tentang Perusahaan        

a.    Latar Belakang Usaha
Latar belakang pemilihan usaha laundry adalah adanya kecenderungan gaya hidup praktis dan menyerahkan urusan cucian ke jasa laundry. Selain karena perubahan gaya hidup juga karena tuntutan kesibukan yang memakan waktu dan tenaga, karyawan dan mahasiswa bahkan ibu rumah tangga yang merasa tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, dan energi mereka sudah digunakan untuk aktifitas mereka yang padat, sehingga lebih memilih menyerahkan pada jasa laundry, kondisi cuaca yang berubah saat ini, lebih sering hujan mengakibatkan pakaian cepat kotor, menjemur pakaian menjadi lama di proses pengeringannya dan trend menggunakan jasa laundry juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat

b.    Struktur Organisasi
 
c.    Strategi Usaha
Strategi usaha yang digunakan dalam usaha Rasya laundry adalah sebagai berikut :
a.        Menjalin kerjasama dengan karyawan
b.       Menjalin kerjasama dengan pembeli atau pelanggan

3.       Pemasaran                                   

Target pasar dari laundry ini dilihat dari adanya pergeseran gaya hidup serta tuntutan kebutuhan ekonomi menyebabkan sebagian besar masyarakat Yogyakarta menjadi keluarga yang sangat sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Hampir semua anggota keluarga, baik suami maupun istri dituntut memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan sebahagian besar waktunya pada aktivitas di luar rumah.  Hal itulah yang menyebabkan beberapa urusan di dalam rumah kurang menjadi perhatian karena setelah lelah seharian bekerja. Pekerjaan mencuci dan menyetrika baju kerap kali menjadi urusan yang merepotkan, sehingga butuh bantuan orang lain, sebab mau tidak mau penampilan yang bersih dan trendy diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan.
Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pasar, maka akan lebih mudah untuk memuaskan keinginan target. Secara umum, segmen pasar dari laundry ini secara geografis, yaitu masyarakat Yogyakarta yang berdomisili di Gonjen Tamantito Kasihan Bantul dan sekitarnya. Sedangkan berdasarkan demografis, yaitu para pelajar, mahasiswa, dan karyawan, baik pria maupun wanita.
 

4.       Barang Dan Jasa Yang Dihasilkan   

Rasya Laundry ini tidak hanya menyediakan fasilitas cuci setrika pakaian saja, tetapi juga menyediakan fasilitas cuci dan setrika non pakaian (tidak dihitung berdasarkan hitungan kilogram)
a.       Jasa yang dihasilkan
1)      Jasa cuci dan pengeringan
Menyediakan layanan jasa mencuci dan mengeringkan pakaian. Dengan metode-metode pencucian yang baik, seperti :
a)      Sebelum mencuci memilih pakaian berdasarkan tingkat kekotorannya dan pemisahan baju antara baju putih dan berwarna
b)      Tidak merendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama di dalam larutan deterjen agar tidak rusak
c)      Menggunakan sabun bermutu baik, dengan deterjen yang dapat membunuh kuman dan kotoran-kotoran yang menempel di pakaian
2)      Jasa cuci, pengeringan, dan setrika
Menyediakan layanan jasa mencuci,mengeringkan, dan menyetrika pakaian. Untuk jasa setrika, Rasya laundry akan memberikan pelayanan yang terbaik, seperti :
a)      Menggunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya
b)      Menyetrika baju sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang.
3)      Layanan antar jemput
Rasya laundry juga menyediakan jasa layanan antar jemput, sehingga dapat memudahkan konsumen. Dikenakan biaya antar jemput Rp. 1.000
4)      Fasilitas kupon
Rasya laundry menyediakan jasa fasilitas kupon bonus untuk konsumen. Bonus diberikan kepada pelanggan yang sudah memiliki 10 kupon cuci.

b.      Keunggulan
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Rasya laundry adalah :
1)      Tempat yang nyaman dan strategis
2)      Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas)
3)      Harga terjangkau
4)      Tersedia area basah dan kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, pengeringan dan setrika.

Nilai tambah yang bisa diberikan bagi pelanggan, berupa :
1)      Menggunakan sabun bermutu baik
2)      Pewangi pakaian tahan lama
3)      Cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna
4)      Cucian tidak dicampur dengan orang lain
5)      Kontrol terhadap kepemilikan baju yang baik, sehingga tidak ada baju yang hilang
6)      Perawatan warna baju yang baik
7)      Discount untuk pelanggan, discount untuk 10 kali cuci
8)      Layanan antar jemput


5.       Usaha Meningkatkan Penjualan       

Perusahaan akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang disampaikan bersifat lisan. Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana, namun efektifitas penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi lain adalah melalui media promosi, seperti :
a.       Selebaran atau brosur
b.      Media banner (spanduk)
c.       Poster
d.      Koran lokal yang sesuai dengan segmen pasar
e.       Media radio




6.       Permodalan

a.       Arus Kas

LAPORAN ARUS KAS
RASYA LAUNDRY
TAHUN 2013






Bulan ke-
0
1
2
3
A.    PENERIMAAN
Penerimaan penjualan
0
2.244.000
2.805.000
3.506.000
Penerimaan Pinjaman
20.000.000
0
0
0
Sub Total Penerimaan
20.000.000
2.244.000
2.805.000
3.506.000
B.     PENGELUARAN
Sewa Bangunan
500.000
500.000
500.000
500.000
Pembelian Bahan Baku
369.000
423.000
477.000
531.000
Peralatan
14.450.000
0
0
 0
Gaji Pegawai
0
2.100.000
2.100.000
2.100.000
Beban Iklan
500.000
500.000
500.000
500.000
Listrik, air, telepon
0
600.000
600.000
600.000
Beban Perlengkapan
775.000
0
0
0
Transportasi
150.000
150.000
150.000
150.000
Beban Bunga
0
0
0
0
Beban Pajak
0
0
0
0
Pengeluaran Lain-lain
0
0
0
0
Sub Total Pengeluaran
16.744.000
4.273.000
4.327.000
4.381.000
C.     SELISIH KAS
3.256.000
2.029.000
1.522.000
875.000
D.    SALDO KAS AWAL
16.744.000
0
2.029.000
 3.551.000
E.     SALDO KAS AKHIR
0
2.029.000
3.551.000
 4.436.000



b.      Laba Rugi


LAPORAN LABA RUGI
RASYA LAUNDRY
TAHUN 2013



A.    HASIL PENJUALAN

Penjualan
95.519.000
Sub Total Hasil Penjualan

B.     biaya produksi

Bahan Baku
303.000
Pembungkus
66.000
Transport
150.000
Sub Total Biaya Produksi
519.000
C.    biaya tetap

Gaji Pegawai
2.100.000
Peralatan
14.450.000
Perlengkapan
775.000
Sewa Tempat
500.000
Sub Total Biaya Tetap
17.825.000
D.    biaya administrasi

Biaya Promosi
500.000
Listrik, Air, Telepon
600.000
Sub Total Biaya Administrasi
1.100.000
E.     Total biaya
19.444.000
f.     laba sebelum pajak
76.075.000
g.    pajak
0
h.    laba bersih
76.075.000




 
c.       Neraca Pendahuluan
LAPORAN NERACA
RASYA LAUNDRY
TAHUN 2013


AKTIVA

PASIVA

A.    Aktiva Lancar

A.    Utang Lancar

Kas
16.744.000
Utang Usaha
20.000.000
Perlengkapan
775.000




B.     Modal

B.     Aktiva Tetap

Modal
13.859.000
Peralatan
14.450.000

Penyusutan
1.890.000






Total Aktiva
33.859.000
Total Pasiva
33.859.000



15 komentar:

  1. saya minta ijin copas yaaa,,,, mbak. :-) buat tugas kuliah :-D

    BalasHapus
  2. Blog-nya sangat membantu.. Terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Maaf cara perhitungan arus kasnya gmana ya,kan itu bulan pertama pengeluarannya lebih besar dari pendapatan jasanya kok bisa masuk saldo akhir

    BalasHapus
  4. izin copas yah kak. buat tugas kuliah. terimakasih:)

    BalasHapus
  5. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos Pengering

    BalasHapus
  6. minta ijin copas ya mbak, makasih

    BalasHapus
  7. mantap banyak yg copas. Kapan Indonesia punya penerus yang kreatif dan inovatif??

    BalasHapus