Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Senin, 24 November 2014

Satuan Layanan BK Bimbingan Sosial

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Memantapkan nilai-nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
Sekolah                       : SMP XX
Kelas/Semester            : VIII/I
Bidang Bimbingan      : Sosial
Aspek Perkembangan : Pergaulan yang santun di sekolah
A.    Topik Bahasan      : Etika pergaulan di sekolah
B.     Bidang Bahasan    : Sosial
C.     Jenis Layanan        : Orientasi
D.    Fungsi Layanan     : Agar siswa memperoleh pemahaman mengenai etika pergaulan
E.     Kompetensi yang Ingin Dicapai               : Memahami nilai-nilai dan cara bertingkah laku
  sosial dalam kehidupan luas di kelompok sebaya.  
F.      Indikator Pencapaian Kompetensi            :
1.      Dapat berperilaku sopan kepada guru/karyawan.
2.      Dapat berperilaku sopan kepada teman, kakak kelas, dan adik-adik kelas.
G.    Strategi      :
1.      Pembentukan Karakter :
Pembentukan Kesopanan
2.      Pelaksanaan Layanan   :
Bimbingan klasikal/berkelompok
3.      Pemberian Motivasi
H.    Materi        : Penyampaian sopan santun di lingkungan sekolah
1.      Etika pergaulan dengan teman sebaya
2.      Etika pergaulan dengan Guru
3.      Etika pergaulan dengan orang lain
4.      Etika pergaulan dengan masyarakat
I.       Arah Pembiasaan  : Terlampir
J.       Langkah-langkah Kegiatan
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.
Pendahuluan
d.      Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
e.       Melihat situasi dan kondisi kelas.
f.       Apersepsi :
Guru dan siswa tanya jawab tentang etika dalam pergaulan di lingkungan sekolah, meliputi : teman sebaya, guru dan karyawan, orang tua, dan masyarakat





Kesopanan


5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi : Secara berkelompok siswa memahami dan mengamati pergaulan di lingkungan sekolah.
b.      Elaborasi : Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang etika pergaulan di lingkungan sekolah, perwakilan kelompok menyajikan hal diskusi dalam presentasi.
c.       Konfirmasi : Siswa mendengarkan dan memperhatikan presentasi temannya. Guru menyimpulkan tentang hasil yang dipresentasikan.


Sopan santun


Kerja sama




Tanggung jawab

10 menit


15 menit




10 menit

3.
Penutup : Melalui pembiasaan, guru memberi tugas kepada siswa untuk memahami nilai-nilai dan cara-cara bertingkah laku yang sopan kepada siapapun

5 menit

K.    Metode                              : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
Sumber Bahan                   : Buku bimbingan dan konseling
L.     Tempat                              : Ruang kelas
M.   Semester/Pertemuan          :I/1 x 45 menit
N.    Penyelenggara                   : Guru BK
O.    Pihak yang Diikutsertakan            : Guru Mapel
P.      Alat Perlengkapan                         : Materi layanan, kesopanan
Q.    Rencana Penilaian                         : Memantau melalui pembiasaan bergaul, bersosial,
  bertingkah, dan berkarakter.
R.     Keterkaitan layanan dengan kegiatan pendukung : Terciptanya tanggung jawab dan
    bertingkah laku yang sopan dalam
    pergaulan.
S.      Catatan Khusus : Memberikan konseling pada siswa yang belum mampu melakukan  
           pembiasaan bertingkah laku yang dapat diterima dalam pergaulan.




Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah SMP XX                                            Guru BK SMP XX


                                              




0 komentar:

Posting Komentar