Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Kamis, 03 Oktober 2013

Satuan Layanan BK Kelompok

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

A.    Topik Bahasan                 : Etika pergaulan di sekolah
B.     Sub Topik Bahasan          : Etika berbicara di sekolah
C.     Bidang Bimbingan          : Bimbingan Sosial
D.    Jenis Layanan                  : Informasi
E.     Fungsi Layanan               : Pemahaman
F.      Tujuan Layanan               : Siswa dapat memahami nilai-nilai dan etika
cara berbicara di sekolah
G.    Tugas Perkembangan       : Memantapkan nilai-nilai dan cara
 bertingkah laku yang dapat diterima dalam
 kehidupan yang lebih luas.
H.    Rumusan Kompetensi      : Siswa dapat memahami nilai-nilai dan etika
 cara berbicara dengan guru/karyawan dan teman  
I.       Metode                            : Diskusi
J.       Strategi Layanan             : Bimbingan Kelompok
K.    Sasaran Layanan              :  Kelas VII A
1.      Ayu Pratwi Pangestu
2.      Intan Nur Fadilla
3.      Pramesti Kurnia Putri
4.      Tri Veranika Lestari
5.      Mira Tri Mulyani

L.     Uraian Kegiatan   :

TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Pembentukan


a.       Guru pembimbing membentuk kelompok
b.      Guru pembimbing mengucapkan salam dan doa
c.       Guru pembimbing melakukan perkenalan diri antar anggota kelompok
d.      Guru pembimbing menyampaikan pengertian dan tujuan bimbingan kelompok
5 menit
Peralihan
a.       Guru pembimbing menjelaskan peranan anggota kelompok
b.      Guru pembimbing menciptakan suasana
interaksi yang kondusif
5 menit
Kegiatan
a.       Guru pembimbing mengatur proses kegiatan
b.      Guru pembimbing menetapkan masalah atau topik yang akan dibahas
c.       Anggota kelompok membahas topik yang telah di tetapkan oleh guru pembimbing
d.      Guru pembimbing  memberikan dorongan dan penguatan
25 menit
Pengakhiran
a.       Anggota kelompok menyampaikan kesimpulan terhadap pemecahan masalah
a.       Guru pembimbing memberikan refleksi dan pesan kepada anggota kelompok
b.      Guru pembimbing  menutup kegiatan bimbingan kelompok
5 menit

M.   Tempat Layanan                           : Ruang BK
N.    Waktu/Semester                            : 1 x 40 Menit / Semester Ganjil
O.    Hari/Tanggal/Jam                          : Jumat, 27 September 2013 / 09.30 WIB
P.      Pelaksana                                      : Praktikan
Q.    Pihak yang Berperan Serta            : Guru pembimbing
R.     Alat-alat Perlengkapan                  : Buku Sumber : Prayitno. 1995. Layanan
Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia
S.      Rencana Penilaian                         : Laiseg
T.      Rencana Tindak Lanjut                 : -


Guru Pembimbing



Jangka Vennianta, S.Pd
NIP. 197112122008011011

Yogyakarta, 27 September 2013
Praktikan,



Raisa Aryasheba
NIM. 10144200129


Mengetahui,
Kepala Sekolah


Drs. Suprapto, M.Pd
NBM. 627529






Etika berbicara di sekolah
Etika adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan. Kita semua manusia disebut sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Jadi kita semua walaupun mementingkan atau mendahulukan kebutuhan dan terpenuhinya kebutuhan secara pribadi tetap saja kita membutuhkan dan memerlukan orang lain, untuk mengantar mencapai tujuan yang kita butuhkan.
Didalam pergaulan diperlukan komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui surat, telepon, bahasa isyarat ataupun secara langsung. Komunikasi  dengan teman adalah hal yang paling mudah dalam bersikap, tidak begitu diatur seperti  halnya dengan orang yang lebih tua. Bebas menggunakan bahasa yang penting menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh temanmu tanpa meninggalkan kesopanan. Berbeda dengan guru/karyawan disekolah serta keluarga, mereka adalah orang-orang yang paling berjasa kepada kita, sewajarnyalah apabila kita wajib patuh, hormat kepada mereka. Didalam berbicara pun kita wajib memiliki etika.
Berbicara tidak semudah yang kita bayangkan, diperlukan aturan atau tata karma dalam berbicara. Tata krama berbicara berkaitan dengan hal-hal berikut :
1.      Hendaknya pembicaran dengan suara yang dapat didengar
2.      Jangan membicarakan sesuatu yang tidak berguna
3.      Janganlah kamu membicarakan semua apa yang kamu dengar
4.      Menghindari perdebatan dan saling membantah
5.      Tenang dalam berbicara dan tidak tergesa-gesa
6.      Menghindari perkataan jorok (keji)
7.      Menghindari sikap memaksakan diri dan banyak bicara di dalam berbicara
8.      Menghindari perbuatan menggunjing (ghibah) dan mengadu domba
9.      Mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik dan tidak memotongnya
10.    Menghindari perkataan kasar, keras dan ucapan yang menyakitkan perasaan dan tidak cari-cari kesalahan pembicaraan orang lain
11.    Menghindari sikap mengejek, memperolok-olok dan memandang rendah orang yang berbicara

PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK


Kelas/Semester            : VIIA/ Semester Ganjil
Topik Bahasan : Etika pergaulan di sekolah
Sub Topik Bahasan     : Etika berbicara di sekolah
Penilaian                      : Laiseg

Siswa diberikan evaluasi dengan memberi pertanyaan antara lain :
1.      Apa yang anda dapatkan dari bimbingan kelompok ini ?
2.      Apa yang akan anda lakukan setelah mengetahui beberapa hal tentang etika cara berbicara ?
3.      Bagaimana cara anda jika ada teman yang bebicara tidak sopan?




DAFTAR HADIR BIMBINGAN KELOMPOK
SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Hari/Tanggal   : Jumat, 27 September 2013
Jam                  : 09.30 WIB
No.
Nama
Kelas
Tanda Tangan
Keterangan
1
Ayu Pratwi Pangestu
VII A
1.


2
Intan Nur Fadilla
VII A

2.

3
Mira Tri Mulyani
VII A
3.


4
Pramesti Kurnia Putri
VII A

4.

5
Tri Veranika Lestari
VII A
5.










Menyetujui,
Guru Pembimbing



Jangka Vennianta, S.Pd
NIP. 197112122008011011

Yogyakarta, 27 September 2013
Praktikan,



Raisa Aryasheba
NIM. 10144200129


Mengetahui,
Kepala Sekolah


Drs. Suprapto, M.Pd
NBM. 627529

0 komentar:

Posting Komentar