Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Senin, 02 September 2013

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

A.    Topik Bahasan                             : Meningkatkan motivasi belajar
B.     Sub Topik Bahasan                      : Cara meningkatkan motivasi belajar
C.     Bidang Bimbingan                      : Bimbingan Belajar
D.    Jenis Layanan                              : Informasi
E.     Fungsi Layanan                           : Pemahaman
F.      Tujuan Layanan                           : Siswa dapat memahami cara meningkatkan
 motivasi belajar
G.    Tugas Perkembangan                   : Mengembangkan pengetahuan dan
 keterampilan sesuai dengan kebutuhan
 untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran
H.    Rumusan Kompetensi                  : Siswa dapat memahami kesadaran dan
 dorongan yang kuat untuk menguasai
 pengetahuan dan keterampilan dalam
 mengikuti dan melanjutkan pelajaran  
I.       Metode                                        : Dialog
J.       Strategi Layanan                         : Klasikal
K.    Sasaran Layanan                          : Siswa kelas VII B
L.     Materi Layanan                           :
1.            Pengertian motivasi belajar
2.            Macam-macam motivasi belajar
3.            Cara meningkatkan motivasi belajar
M.   Uraian Kegiatan                          :
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Pembukaan


a.       Guru pembimbing mengucapkan salam dan doa
b.      Guru pembimbing melakukan presensi
c.       Guru pembimbing menyampaikan tujuan layanan

5 menit
Inti
a.       Apersepsi :
Guru pembimbing melakukan tanya jawab kepada siswa tentang motivasi belajar, meliputi sejauh mana siswa mengerti tentang motivasi belajar
b.      Guru pembimbing menjelaskan tentang motivasi belajar
c.       Guru pembimbing melakukan tanya jawab dengan siswa tentang motivasi belajar

30 menit
Penutup
a.       Guru pembimbing membuat kesimpulan tentang cara meningkatkan motivasi belajar
b.      Guru pembimbing merefleksi dan memberikan penguatan kepada siswa
c.       Guru pembimbing melakukan penilaian segera kepada siswa
d.      Guru pembimbing bersama siswa mengucapkan doa sesudah belajar
e.       Guru pembimbing mengucapkan salam penutup

5 menit

N.    Tempat Layanan                           : Ruang kelas VII B
O.    Waktu/Semester                            : 1 x 40 Menit/Semester Ganjil
P.      Hari/Tanggal/Jam                          : Senin, 2 September 2013 / 07.00 WIB
Q.    Pelaksana                                      : Praktikan
R.     Pihak yang Berperan Serta            : Guru pembimbing
S.      Alat-alat Perlengkapan                  : Buku Sumber : Djamarah, Syaiful Bahri.
2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
T.      Media                                            : Laptop dan LCD
U.    Rencana Penilaian                         : Laiseg
V.    Rencana Tindak Lanjut                 : Pemberian bimbingan kelompok bagi siswa
 yang belum paham


Menyetujui,
Guru Pembimbing



Jangka Vennianta, S.Pd
NIP. 197112122008011011

Yogyakarta, 2 September 2013
Praktikan,



Raisa Aryasheba
NIM. 10144200129

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. Suprapto, M.Pd
NBM. 627529



PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK


Kelas/Semester            : VIIB/ Semester Ganjil
Topik Bahasan            : Meningkatkan motivasi belajar siswa
Sub Topik Bahasan     : Cara meningkatkan motivasi belajar siswa
Penilaian                      : Laiseg

Siswa diberikan evaluasi dengan memberi pertanyaan antara lain :
1.      Apa yang dimaksud dengan motivasi, belajar dan motivasi  belajar?
2.      Menurut anda seperti apa peran motivasi  instrinsik dengan motivasi ekstrinsik? Jelaskan!
3.      Bagaiman cara anda memotivasi diri sendiri agar anda dapat belajar dengan tekun?



Materi Layanan
MOTIVASI BELAJAR

A.     PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR
Motivasi adalah dorongan dari diri indivindu yang melatarbelakangi suatu tingkah laku. Motivasi bisa timbul dari dalam diri individu maupun dari luar diri indivindu. Kuat lemahnya motivasi yang mendasari suatu tingkah laku mempengaruhi hasil tingkah laku itu. Seorang anak yang memiliki motivasi yang kuat akan semakin besar juga upayanya dalam meraih keberhasilan atau apa yang diharapkannya, sebaliknya seorang anak yang tidak memiliki motivasi yang kuat akan mudah merasa putus asa ketika menghadapi suatu hambatan atau permasalahannya.
Belajar adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaks dengan lingkungannya.
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Dalam motivasi belajar dorongan merupakan kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam rangka pemenuhan harapan dan dorongan dalam hal ini adalah pencapaian tujuan.

B.     MACAM-MACAM MOTIVASI
1.      Motivasi Intrinsik
Motivasi intrinsik adalah motivasi yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu ada perangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Dengan demikian, tingkah laku yang dilakukan seseorang disebabkan oleh kemauan sendiri bukan dorongan dari luar.
Contoh : Ali yang terus berlatih catur karena adanya dorongan dari dalam
dirinya sendiri agar bias menjadi grand master catur tingkat dunia.
2.      Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik merupakan motif yang aktif dan berfungsi karena adanya dorongan atau rangsangan dari luar.
Contoh : Lia yang belajar matematika karena adanya dorongan dari orang
 tuanya agar Lia  dapat lulus SNMPTN Jurusan matematika di
 Universitas Negeri Jakarta, padahal sebenarnya Lia ingin masuk
 di jurusan Sastra Indonesia.

C.     CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
1.      Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi.
2.      Belajar apapun
Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.
3.      Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis (grup diskusi di Internet) dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri.
4.      Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif
Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif.
 5.      Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman. Kita bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi kita untuk belajar dan meraih prestasi.

























0 komentar:

Posting Komentar