SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Memantapkan nilai-nilai dan
cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
Sekolah
: SMP XX
Kelas/Semester : VIII/I
Bidang
Bimbingan : Sosial
Aspek
Perkembangan : Pergaulan yang santun di
sekolah
A. Topik
Bahasan : Etika pergaulan di sekolah
B. Bidang
Bahasan : Sosial
C. Jenis
Layanan : Orientasi
D. Fungsi
Layanan : Agar siswa memperoleh
pemahaman mengenai etika pergaulan
E. Kompetensi
yang Ingin Dicapai :
Memahami nilai-nilai dan cara bertingkah laku
sosial dalam kehidupan luas di kelompok sebaya.
F. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Dapat
berperilaku sopan kepada guru/karyawan.
2. Dapat
berperilaku sopan kepada teman, kakak kelas, dan adik-adik kelas.
G. Strategi :
1. Pembentukan
Karakter :
Pembentukan
Kesopanan
2. Pelaksanaan
Layanan :
Bimbingan
klasikal/berkelompok
3. Pemberian
Motivasi
H. Materi : Penyampaian sopan santun di lingkungan
sekolah
1. Etika
pergaulan dengan teman sebaya
2. Etika
pergaulan dengan Guru
3. Etika
pergaulan dengan orang lain
4. Etika
pergaulan dengan masyarakat
I. Arah
Pembiasaan : Terlampir
J. Langkah-langkah
Kegiatan
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
d. Guru
mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
e. Melihat
situasi dan kondisi kelas.
f. Apersepsi
:
Guru dan siswa
tanya jawab tentang etika dalam pergaulan di lingkungan sekolah, meliputi :
teman sebaya, guru dan karyawan, orang tua, dan masyarakat
|
Kesopanan
|
5
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
: Secara berkelompok siswa memahami dan mengamati pergaulan di lingkungan
sekolah.
b. Elaborasi
: Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang etika pergaulan di
lingkungan sekolah, perwakilan kelompok menyajikan hal diskusi dalam
presentasi.
c. Konfirmasi
: Siswa mendengarkan dan memperhatikan presentasi temannya. Guru menyimpulkan
tentang hasil yang dipresentasikan.
|
Sopan
santun
Kerja
sama
Tanggung
jawab
|
10
menit
15
menit
10
menit
|
3.
|
Penutup
: Melalui pembiasaan, guru memberi tugas kepada siswa untuk memahami
nilai-nilai dan cara-cara bertingkah laku yang sopan kepada siapapun
|
|
5
menit
|
K. Metode : Tanya jawab,
diskusi, dan pemberian tugas
Sumber Bahan : Buku bimbingan dan
konseling
L. Tempat : Ruang kelas
M. Semester/Pertemuan :I/1 x 45 menit
N. Penyelenggara : Guru BK
O. Pihak
yang Diikutsertakan : Guru
Mapel
P. Alat
Perlengkapan :
Materi layanan, kesopanan
Q. Rencana
Penilaian : Memantau
melalui pembiasaan bergaul, bersosial,
bertingkah, dan berkarakter.
R. Keterkaitan
layanan dengan kegiatan pendukung : Terciptanya tanggung jawab dan
bertingkah laku yang sopan dalam
pergaulan.
S. Catatan
Khusus : Memberikan konseling pada siswa yang belum mampu melakukan
pembiasaan bertingkah laku yang
dapat diterima dalam pergaulan.
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP XX Guru BK SMP XX
0 komentar:
Posting Komentar