Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Senin, 24 November 2014

Satuan Layanan BK Bimbingan Belajar

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Tugas Perkembangan : Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan s dalam kehidupasuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran atau mempersiapkan karier, serta berperan aktif dalam kehidupan di masyarakat.
Sekolah                       : SMP XX
Kelas/Semester            :
Bidang Bimbingan      : Belajar
Aspek Perkembangan : Inginkah Anda lulus?
A.    Topik Bahasan      : Kiat belajar yang baik
B.     Bidang Bahasan    : Belajar
C.     Jenis Layanan        : Pembelajaran
D.    Fungsi Layanan     : Pemahaman
E.     Kompetensi yang Ingin Dicapai               : Mampu belajar secara optimal untuk menguasai
  program di SMP.
F.      Indikator Pencapaian Kompetensi            :
1.      Siswa memahami arti pentingnya belajar.
2.      Siswa dapat menyadari untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi.
G.    Strategi      :
1.      Pembentukan Karakter :
Percaya diri
2.      Pelaksanaan Layanan   :
Bimbingan klasikal/berkelompok
3.      Pemberian Motivasi

H.    Materi        :
1.      Apakah belajar itu?
2.      Bagaimana teknik belajarmu?
I.       Arah Pembiasaan  : Terlampir
J.       Langkah-langkah Kegiatan
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
b.      Melihat situasi dan kondisi kelas.
c.       Apersepsi :
Guru dan siswa tanya jawab tentang arti pentingnya belajar, meliputi : jam berapa mulai belajar di sekolah kemudian jam berapa belajar di rumah, mengapa perlu belajar.





Tanggung jawab dan kejujuran

5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi : Secara berkelompok siswa memahami arti pentingnya belajar.
b.      Elaborasi : Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang kelanjutan study pada tingkat yang lebih tinggi dan dilanjutkan presentasi kelompok.
c.       Konfirmasi : Siswa mendengarkan dan memperhatikan presentasi temannya. Guru menyimpulkan tentang hasil yang dipresentasikan.


Kemandirian

Percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab






10 menit

15 menit



10 menit

3.
Penutup : Melalui pembiasaan, guru memberi tugas kepada siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam belajar sehingga dapat mencapai prestasi yang lebih baik.
Disiplin dan tanggung jawab
5 menit

K.    Metode                              : Tanya jawab, diskusi, ceramah, dan pemberian tugas
Sumber Bahan                   : Buku bimbingan dan konseling
L.     Tempat                              : Ruang kelas
M.   Semester/Pertemuan          :I/1 x 45 menit
N.    Penyelenggara                   : Guru BK
O.    Pihak yang Diikutsertakan            : Guru Mapel
P.      Alat Perlengkapan                         : Buku acuan dan majalah
Q.    Rencana Penilaian                         : Pemantauan melalui pembiasaan belajar, hidup disiplin,
  taat, norma, dan berkarakter.
R.     Keterkaitan layanan dengan kegiatan pendukung : Tercapainya ketertiban belajar akan
    menambah kemampuan dalam mencapai
    prestasi.
S.      Catatan Khusus : Memberikan konseling pada siswa yang belum mampu melakukan 
           kebiasaan belajar, terutama di lingkungan sekolah.




Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah SMP XX                                         Guru BK SMP XX

 

0 komentar:

Posting Komentar