SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Mengetahui gambaran dan
pengembangan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan
ekonomi.
Sekolah
: SMP xx
Kelas/Semester : VII/I
Bidang
Bimbingan : Karier
Aspek
Perkembangan : Tidak ada kata gagal
A. Topik
Bahasan : Cara menghadapi Ulangan
Umum
B. Bidang
Bahasan : Karier
C. Jenis
Layanan : Informasi
D. Fungsi
Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi
yang Ingin Dicapai :
Memahami kehidupan karir sesuai dengan
gambaran tentang kehidupan mandiri secara
emosional, sosial, dan ekonomi.
F. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
- Siswa
memiliki motivasi dan semangat untuk meraih sukses
S - Siswa
memiliki gambaran bahwa sukses akan dapat diraih dengan usaha dan doa.
- Siswa
memiliki prinsip untuk meraih sukses.
G. Strategi :
1 - Pembentukan
Karakter : Kedisiplinan
dan kejujuran
- Pelaksanaan
Layanan : Bimbingan
kelompok/klasikal
P - Pemberian
Motivasi
H. Materi :
1. Arti
pentingnya ulangan
2. Macam-macam
ulangan
3. Cara-cara
menghadapi ulangan
I. Arah
Pembiasaan : Terlampir
J. Langkah-langkah
Kegiatan
No.
|
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1.
|
a. Guru
mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
b. Melihat
situasi dan kondisi kelas.
c. Apersepsi
: Guru dan siswa tanya jawab
tentang apa pentingnya ulangan, ada berapa macam bagian yang dihadapi
|
Tanggung
jawab
|
5
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
: Secara berkelompok siswa menghantarkan akibat tidak siap dalam menghadapi
ulangan.
b. Elaborasi
: Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang persiapan perwakilan kelompok
menyampaikan hasil diskusi.
c. Konfirmasi
: Siswa mendengarkan dan mengulas presentasi temannya.
|
Disiplin
Kemandirian
Disiplin
|
10
menit
15
menit
5
menit
|
3.
|
Penutup
: Melalui pembiasaan, guru memberi tugas kepada siswa untuk lebih
meningkatkan belajar.
|
|
5
menit
|
K. Metode : Tanya jawab,
diskusi, dan pemberian tugas
Sumber Bahan : Buku bimbingan dan
konseling
L. Tempat : Ruang kelas
M. Semester/Pertemuan :I/1 x 45 menit
N. Penyelenggara : Guru BK
O. Pihak
yang Diikutsertakan : Guru
Mapel
P. Alat
Perlengkapan : Materi
layanan menghadapi ulangan
Q. Rencana
Penilaian :
Pemantauan melalui pembahasan belajar, sehingga akan
terbentuk karakter.
R. Keterkaitan
layanan dengan kegiatan pendukung : terciptanya ketertiban belajar, sehingga
mendapatkan prestasi yang diharapkan.
S. Catatan
Khusus : Pemberian konseling bagi siswa yang belum mampu mencapai nilai yang
diharapkan dengan melihat hasil
ulangan.
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP xx Guru BK
0 komentar:
Posting Komentar