Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Rabu, 15 Februari 2012

Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan
* Konsep Otogenetik (terbentuk individu-dewasa)
* Konsep Filogenetik (asus manusia-sekarang)
Inti perkembangan :
  1. proses perubahan progresif
  2. mengenai aspek non fisik (psiko-sosial)
  3. fungsi kematangan & pengalaman/belajar
  4. bersifat kualitatif
  5. berlangsung sepanjang hayat
  6. memungkinkan individu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan
Jenis perubahan dalam perkembangan
Berubah ukuran                    : Sedikit menjadi banyak
Berubah proporsi                  : Lebih kuat dibanding yg lain
Berubah mengganti yg lama   : Cucu-susu
Berubah mendapat yg baru   : Belum bisa menjadi bisa

Hukum-hukum perkembangan
@ Hukum Cephalacoudal
@ hukum Proximiodistal
@ Perkembangan dari umum ke khusus
@ Perkembangan berlangsung secara bertahap
@ Hukum tempo dan ritme perkembangan

Tugas perkembangan
Sejumlah tugas (sikap-perilaku) yg harus dilaksanakan oleh individu sesuai dengan harapan (ekspektasi) sosial
Arti penting tugas perkembangan: individu akan diterima oleh masyarakat, tidak mengalami kesulitan penyesuaian diri pada tahap perkembangan sekarang & tahap berikutnya
Tugas perkembangan masa remaja dipusatkan pada : upaya menanggulangi sikap/perilaku kekanakan, persiapan diri untuk memasuki masa dewasa


Peserta Didik
Anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yg tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu (UUSPN.20/2003: Ps.1 : 4)

 Karakteristik Peserta Didik (remaja)
  1. Peralihan antara masa kanak-kanak dan dewasa : kelihatan dewasa tetapi belum bisa diperlakukan seperti orang dewasa
  2. Sedang mengalami perubahan kondisi mental dari entropy menuju negetropy : memiliki tujuan dan pertimbangan dalam bersikap/berperilaku
  3. sering gelisah dan mengalami konflik, senang coba-coba, menjelajah, berbahaya/berfantasi, dan berkelompok
Problem Peserta didik (remaja)
  1. kesulitan mengubah sikap/perilaku kekanak-kanakan
  2. tidak puas kondisi tubuh
  3. maslah kematangan fungsi seksual
  4. masalah penyesuaian diri : sosial, emosional, moral
 Tingkah laku peserta didik ; cara bertindak/aktivitas untuk mencapau tujuan tertentu, dipengaruhi oleh faktor internal (motif) dan eksternal (kondisi lingkungan)
Keebutuhan dasar "Motif berperilaku"
@ Freud ; Faktor seksual (teori libido seksualis)
@ Erickson : kepentingan sosial
@ Carl Rogers : aktualisasi diri (kembangkan konsep diri)
Kebutuhan peserta didik
Motiftingkah laku peserta didik berakar pada 4 kebutuhan yang sedang mengalami perkembangan pesat
@ DN (Deficiency need)
@ n'Ach (Need for Achievement)
@ n'Aff (Need for Affiliation)
@ Mengembangkan keturunan

Pustaka
Sunarto dan Hartono Agung. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Rineka cipta

0 komentar:

Posting Komentar