Copyright © Holiday!
Design by Dzignine
Senin, 24 November 2014

Satuan Layanan BK Bimbingan Belajar

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Tugas Perkembangan : Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan s dalam kehidupasuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran atau mempersiapkan karier, serta berperan aktif dalam kehidupan di masyarakat.
Sekolah                       : SMP XX
Kelas/Semester            :
Bidang Bimbingan      : Belajar
Aspek Perkembangan : Inginkah Anda lulus?
A.    Topik Bahasan      : Kiat belajar yang baik
B.     Bidang Bahasan    : Belajar
C.     Jenis Layanan        : Pembelajaran
D.    Fungsi Layanan     : Pemahaman
E.     Kompetensi yang Ingin Dicapai               : Mampu belajar secara optimal untuk menguasai
  program di SMP.
F.      Indikator Pencapaian Kompetensi            :
1.      Siswa memahami arti pentingnya belajar.
2.      Siswa dapat menyadari untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi.
G.    Strategi      :
1.      Pembentukan Karakter :
Percaya diri
2.      Pelaksanaan Layanan   :
Bimbingan klasikal/berkelompok
3.      Pemberian Motivasi

H.    Materi        :
1.      Apakah belajar itu?
2.      Bagaimana teknik belajarmu?
I.       Arah Pembiasaan  : Terlampir
J.       Langkah-langkah Kegiatan
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
b.      Melihat situasi dan kondisi kelas.
c.       Apersepsi :
Guru dan siswa tanya jawab tentang arti pentingnya belajar, meliputi : jam berapa mulai belajar di sekolah kemudian jam berapa belajar di rumah, mengapa perlu belajar.





Tanggung jawab dan kejujuran

5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi : Secara berkelompok siswa memahami arti pentingnya belajar.
b.      Elaborasi : Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang kelanjutan study pada tingkat yang lebih tinggi dan dilanjutkan presentasi kelompok.
c.       Konfirmasi : Siswa mendengarkan dan memperhatikan presentasi temannya. Guru menyimpulkan tentang hasil yang dipresentasikan.


Kemandirian

Percaya diri, kerjasama, dan tanggung jawab






10 menit

15 menit



10 menit

3.
Penutup : Melalui pembiasaan, guru memberi tugas kepada siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam belajar sehingga dapat mencapai prestasi yang lebih baik.
Disiplin dan tanggung jawab
5 menit

K.    Metode                              : Tanya jawab, diskusi, ceramah, dan pemberian tugas
Sumber Bahan                   : Buku bimbingan dan konseling
L.     Tempat                              : Ruang kelas
M.   Semester/Pertemuan          :I/1 x 45 menit
N.    Penyelenggara                   : Guru BK
O.    Pihak yang Diikutsertakan            : Guru Mapel
P.      Alat Perlengkapan                         : Buku acuan dan majalah
Q.    Rencana Penilaian                         : Pemantauan melalui pembiasaan belajar, hidup disiplin,
  taat, norma, dan berkarakter.
R.     Keterkaitan layanan dengan kegiatan pendukung : Tercapainya ketertiban belajar akan
    menambah kemampuan dalam mencapai
    prestasi.
S.      Catatan Khusus : Memberikan konseling pada siswa yang belum mampu melakukan 
           kebiasaan belajar, terutama di lingkungan sekolah.




Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah SMP XX                                         Guru BK SMP XX

 

READ MORE - Satuan Layanan BK Bimbingan Belajar

Satuan Layanan BK Bimbingan Sosial

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Tugas Perkembangan : Memantapkan nilai-nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
Sekolah                       : SMP XX
Kelas/Semester            : VIII/I
Bidang Bimbingan      : Sosial
Aspek Perkembangan : Pergaulan yang santun di sekolah
A.    Topik Bahasan      : Etika pergaulan di sekolah
B.     Bidang Bahasan    : Sosial
C.     Jenis Layanan        : Orientasi
D.    Fungsi Layanan     : Agar siswa memperoleh pemahaman mengenai etika pergaulan
E.     Kompetensi yang Ingin Dicapai               : Memahami nilai-nilai dan cara bertingkah laku
  sosial dalam kehidupan luas di kelompok sebaya.  
F.      Indikator Pencapaian Kompetensi            :
1.      Dapat berperilaku sopan kepada guru/karyawan.
2.      Dapat berperilaku sopan kepada teman, kakak kelas, dan adik-adik kelas.
G.    Strategi      :
1.      Pembentukan Karakter :
Pembentukan Kesopanan
2.      Pelaksanaan Layanan   :
Bimbingan klasikal/berkelompok
3.      Pemberian Motivasi
H.    Materi        : Penyampaian sopan santun di lingkungan sekolah
1.      Etika pergaulan dengan teman sebaya
2.      Etika pergaulan dengan Guru
3.      Etika pergaulan dengan orang lain
4.      Etika pergaulan dengan masyarakat
I.       Arah Pembiasaan  : Terlampir
J.       Langkah-langkah Kegiatan
No.
Kegiatan
Karakter
Waktu
1.
Pendahuluan
d.      Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
e.       Melihat situasi dan kondisi kelas.
f.       Apersepsi :
Guru dan siswa tanya jawab tentang etika dalam pergaulan di lingkungan sekolah, meliputi : teman sebaya, guru dan karyawan, orang tua, dan masyarakat





Kesopanan


5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi : Secara berkelompok siswa memahami dan mengamati pergaulan di lingkungan sekolah.
b.      Elaborasi : Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang etika pergaulan di lingkungan sekolah, perwakilan kelompok menyajikan hal diskusi dalam presentasi.
c.       Konfirmasi : Siswa mendengarkan dan memperhatikan presentasi temannya. Guru menyimpulkan tentang hasil yang dipresentasikan.


Sopan santun


Kerja sama




Tanggung jawab

10 menit


15 menit




10 menit

3.
Penutup : Melalui pembiasaan, guru memberi tugas kepada siswa untuk memahami nilai-nilai dan cara-cara bertingkah laku yang sopan kepada siapapun

5 menit

K.    Metode                              : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
Sumber Bahan                   : Buku bimbingan dan konseling
L.     Tempat                              : Ruang kelas
M.   Semester/Pertemuan          :I/1 x 45 menit
N.    Penyelenggara                   : Guru BK
O.    Pihak yang Diikutsertakan            : Guru Mapel
P.      Alat Perlengkapan                         : Materi layanan, kesopanan
Q.    Rencana Penilaian                         : Memantau melalui pembiasaan bergaul, bersosial,
  bertingkah, dan berkarakter.
R.     Keterkaitan layanan dengan kegiatan pendukung : Terciptanya tanggung jawab dan
    bertingkah laku yang sopan dalam
    pergaulan.
S.      Catatan Khusus : Memberikan konseling pada siswa yang belum mampu melakukan  
           pembiasaan bertingkah laku yang dapat diterima dalam pergaulan.




Mengetahui                                                                            
Kepala Sekolah SMP XX                                            Guru BK SMP XX


                                              




READ MORE - Satuan Layanan BK Bimbingan Sosial